Evolusi Rokok-ku

evolusi rokok[Disclaimer: Posting-an ini mungkin akan mem-buat orang-orang anti rokok se-dunia protes dan marah. Ini bukan IKLAN rokok merek ter-tentu, tidak sama sekali, juga bukan kampanye penyesatan umat untuk me-rokok. Ini hanya cerita tentang-ku saja 8) . Oh, iya, postingan ini juga panjang, dan ber-isi beberapa gambar, jadi buat yang fakir benwit siap-siap buat mengutuk]

Ber-awal sekitar 16 tahun yang lalu, aku besar di-tengah ke-disiplin-an yang di-terap-kan oleh Papa dan Mama, dan ter-jepit di-antara tuntut-an lingkungan-ku yang emang mem-buat-ku harus ber-main-main dengan hal-hal yang tidak biasa. Dan dengan rasa-nya yang emang sangat nikmat, rokok dulu adalah salah satu cara bagi-ku untuk menunjuk-kan eksistensi-ku di-tengah-tengah per-gaul-an-ku. Nah di-sini aku nggak bakal-an cerita tentang per-gaul-an-ku, tapi akan menunjuk-kan evolusi rokok-rokok-ku sejak dari awal, pertama kali aku merokok sampai sekarang. Ter-inspirasi dari per-tanya-an si Gun di-sini.

djarum Di-mulai dengan coba-coba me-rokok Djarum Super, yang adalah rokok “nggak ada lo, nggak rame” di-antara teman-teman-ku masa itu. Bisa di-kata-kan kalau rokok Djarum Super ini adalah rokok ke-besar-an buat kami dengan rasa-nya yang kalau di-isap seperti mijit-mijit tenggorokan, nikmat, dan memiliki pamor ter-sendiri, belum lagi kalau udah santing-santing-an maka ke-nikmat-an-nya makin terasa. Kalau nggak salah dulu harga se-bungkus-nya Rp. 1.400, dan ketengan-nya Rp.50/batang. Biasa-nya sih kami urun-an buat beli kaleng-an yang jumlah-nya lebih banyak dan lebih meng-untung-kan ke-timbang beli yang per bungkus. Aku ngerokok ini kurang lebih selama 1½ tahun.

lucky strike Se-iring waktu aku pun mulai ber-alih ke rokok yang kata-nya brand luar negeri sono, yaitu Lucky Strike kemasan soft atau kemasan kotak, sama aja dengan harga Rp.1500/bungkus. Selain karena emang pengen nge-rasa-in yang nama-nya “rokok putih“, juga karena dulu itu Lucky Strike sering banget ngeluarin kemasan yang limited edition, dan juga film Lucky Luke lagi rame-rame-nya di-putar di TVRI (nggak ada hubungan-nya sih :P ), maka ngerasa matching aja buat nge-rokok Lucky Strike ini, belum lagi dengan rasa-nya yang sepet-sepet gitu. Kalau yang ini aku ngerokok sekitar 1 tahun aja, karena ngerasa nggak pas aja, nggak tahu kenapa dan coba ganti dengan rokok lain.

cigarillosAkhir-nya aku jatuh cinta dengan Cigarillos yang pertama kali aku coba setelah di-tawar-in teman-ku yang baru pulang dari Batam, dan ke-betul-an available di supermarket di kota-ku dengan harga Rp. 2000/bungkus. Wah, ini pengalaman yang sangat menyenang-kan buat-ku, rasa-nya yang emang benar-benar wah karena emang di-linting dari tembakau asli, belum lagi kemasan-nya yang elegan plus bentuk-nya yang adalah cerutu mini. Perasaan benar-benar jadi mafia kaya di film-film-nya tentang zaman ke-emas-an Al Capone. Aku merokok Cigarillos ini sekitar 2 tahun-an, dan kalau saja waktu itu rokok ini tidak ber-henti di-distribusi-kan di kota-ku, mungkin aku masih akan tetap merokok rokok ini sampai sekarang.

MarlboroSebaik Cigarillos hilang dari peredaran di kota-ku, aku memutus-kan untuk kembali lagi ke “rokok putih” dan aku memilih Marlboro sebagai rokok-ku yang waktu itu masih ber-harga Rp.1900/bungkus. Taste-nya emang khas, terutama tembakau-nya yang emang tembakau pilihan, bahkan aku sampai bisa mem-beda-kan yang mana Marlboro ber-lisensi Indonesia, dengan yang emang keluar-an dari luar. Cukup lama juga aku merokok Marlboro ini, sekitar 3 tahun-an, dan akhir-nya memutus-kan untuk ber-henti setelah ter-jadi-nya gejala akan ada-nya krisis moneter di Indonesia persis sebelum lengser-nya Pak Lik Soeharto yang bikin harga Marlboro men-jadi sangat mahal untuk ukuran kantong-ku saat itu, sekitar Rp.3000/bungkus-nya.

ggfilterBeralih dari Marlboro, aku kemudian men-coba-coba Gudang Garam Filter International ketengan, karena nggak mudah untuk ber-pindah ke rokok merek lain setelah Marlboro, dan buat lidah-ku hanya Gudang Garam Filter International ini yang cocok. Berawal dari ketengan, maka akhir-nya aku mulai merokok rokok ini bahkan aku merasa aku udah nggak bisa lagi pindah ke lain rokok. Paduan kretek filter, cengkeh dan tembakau-nya benar-benar pas, asap-nya tebal dan banyak, mem-buat sensasi ter-sendiri bagi-ku, dan bisa di-kata-kan kalau rokok kretek filter ini adalah rokok terlama bagi-ku. Sekitar 5½ tahun aku merokok ini, mulai dari harga-nya yang masih Rp.1800/bungkus sampai dengan harga-nya Rp.5000/bungkus-nya.

ggsurya16 Karena satu dan lain hal yang nggak bisa aku jelas-in di-sini, aku harus meng-henti-kan ke-biasa-an-ku untuk nge-rokok Gudang Garam Filter International, dan bagi-ku satu-satu-nya opsi yang nggak kalah nikmat-nya adalah Gudang Garam Surya 16, dan ini adalah rokok-ku sampai hari ini, bahkan ketika aku sedang menulis-kan postingan ini. Dan aku sangat menikmati-nya, rasa-nya yang emang nikmat, setiap tarikan-nya mem-beri-kan-ku ke-nikmat-an yang emang aku ingin-kan. Harga-nya juga normal dengan jumlah yang banyak dan ukuran-nya yang panjang bahkan kalau di-banding-kan dengan rokok-rokok mild yang banyak ber-edar di pasar-an, rokok ini lebih lama habis-nya, rokok mild udah habis 2 batang, rokok ini masih 1 batang.

Nah, setelah Gudang Garam Surya 16 ini, entah kapan bisa ke-sampai-an, aku udah memulai-nya dari kemarin-kemarin sampai sekarang, niat-ku selanjut-nya adalah…….

Berhenti Merokok!!! :evil:

55 Tanggapan

  1. Aih… kalo’ saya mah cuma dua…
    yang pertama lucky strike… seperti yang sekarang ini ngebulll
    terus yang kedua… terserah apa aja :D

  2. Ah, kamu belum sah di sebut perokok sebelum merokok 234. :lol:

    Btw, rokok menyan enak juga tuh bro, silahkan di coba. :D

  3. udah nyoba berbagai merek rokok
    garpit tetep paling enak! :mrgreen:

  4. oya? niat berenti? seriussss??? *cekikikan*

  5. aku pernah berenti 7 taun, ngrokok lagi. berenti lagi, udah diniatin banget, ternyata cm tahan 3 bulanan gitu deh :D

  6. Moga niatnya berhasil… :mrgreen:

  7. wah, kalo evolusinya serius, bakal berhenti merokok, salut deh buat bung militis. aku juga penghamba rokok hingga saat ini bung militis. kretek lage. ntah kapan saya bisa terbebas dari penjara rokok itu, hiks. padahal, berhenti merokok juga dah masuk pada agenda resolusi untuk belajar berhenti merokok, mudah2an bisa mengikuti jejak bung militis. salam militis.

  8. coba permen rokok aja. enak lho.. :D

  9. parah anak ini…

    wes wes… semoga berhasil!

    alamatmu mana Mus???

  10. buru buru matiin rokok, ketika baca postingan ini…

  11. …234…

    quality is my concern!! *halah*

  12. lucky strike yang soft pack is the best mus!!

    sekarang?

    234 aja deh,..
    rokok yang mengerti anda,.. :D

  13. @goop
    Hehehe, lucky strike emang enak sih, tapi nggak terlalu lama ngerokok ini dulu, cuma se-tahun nggak tahu kenapa :P

    @danalingga

    Ah, kamu belum sah di sebut perokok sebelum merokok 234.

    Huhuhu, itu kan bisa-bisa-nya kamu aja Dan :evil:
    *ngajak penggemar Gudang Garam nge-labrak Dana* :lol:

    Btw, rokok menyan enak juga tuh bro, silahkan di coba.

    Weleh, emang aku dukun :?

    @penggemar ggf
    Hehehe, iya Plang, aku nge-rokok itu ampe 5 tahun-an lho, hanya saja aku harus ber-henti karena beberapa alasan, yang jelas bukan karena harga sih :(

    @venus
    Pengen-nya sih Mbak :oops:
    Huhuhu, tuh kan, emang susah sih, gimana cara-nya yaks? Padahal udah coba sugesti ke diri sendiri lho Mbak :P

    @adit-nya niez
    Semoga :)

    @Sawali Tuhusetya
    Sama-sama ya Pak, soal-nya di-hitung-hitung kalau aku bisa nabung dari 16 tahun yang lalu, mungkin sekarang aku udah bisa beli BMW kali yaks :lol:

    @cK
    Enak di-situ nggak enak di-sini Chik :?

    @Mrs. Fortynine
    Matur nuwun :P
    Lho bukan-nya aku udah japri ke kamu Wi, situ aja yang sering off :evil:

    @iman brotoseno
    Lho kenapa di-mati-in Mas? :roll:

    @brainstorm
    Nggak ah, 234 gitu-gitu aja :? Tetep, Gudang Garam yang punya taste lebih ber-kelas :twisted:
    Apalagi kalau Cigarillos masih ada…huhuhu… PENGEN!!! :cry:

    @bayu
    Yupe, aku juga dulu pernah nge-rokok itu, tapi tiba-tiba aja aku ngerasa nggak nyaman tuh, bingung juga sih kenapa…
    Salah!!! :evil: 234 itu rokok yang bikin masalah :lol:
    *di-timpuk penggemar 234 se-nusantara*

  14. eksplorasi kepulan yang ruar biasa …
    saya cuma 3 kali muter2, dan jatuh cinta ama si kretek termahal di Indonesia -234-

    berhenti rokok??
    harus ada wanita yang bener2 bikin saya berhenti merokok :D
    hayo2… sarat ringan buat jadi pacar sayah ..

  15. @leksa
    jal, kalo nenek tetangga gw bisa bikin lo brenti ngerokok berarti dia bisa jadi pacar lo donk? :lol:

    selamat mengeksplorasi dan mengekploitasi kenikmatan tembakau deh bro. saya ndak ngerokok soalna :D

  16. cukup satu. Amild :D

  17. bagus…… tapi kenapa mendadak punya niat berhenti merokok?

  18. klo saya selalu berputar antara a Mild, jarum super, gudang garam, kadang 234 , marlboro juga pernah tapi enakan West ah

  19. lebih mirip petualangan mencicipi rokok daripada evolusi sih mas :mrgreen:

    aku emang sebel ma perokok yang dengan cueknya hembusin asapnya deket aku….kenapa gak ditelen aja sih? :mrgreen:

    cuma yah setelah bekerja, rokok identik dengan lembur atau kerjaan baru…kalo liat ada temen kerja yang nyalain rokok apalagi bos yang nyalain rokok berarti alamat bakal pulang malem/pagi….jadi kalo kerjaan udah selese mending buru2 pulang jam 5 daripada terjebak lembur hehehe

    *sukses ma niatnya ya….gimanapun enaknya rokok lebih gak enak menderita penyakitnya yang ditimbulkan akibat merokok :)

  20. Ooohh.. makanya gravatarnya Lucky Luke..

    Semoga berhasil campaign-nya.. :mrgreen:

  21. Cerutu belum ya mas?

  22. ini iklan rokok yak?? cuma bole dibaca setelah jam sepuluh malem dong hehhehe….

    gudlak dengan usaha berhenti merokoknya :D

  23. wedew, jadi inget adek cowo saya. sekarang dah mulai belajar ngerokok.. mungkin ga ya berevolusi macam mr. extreme juga.. (sigh)

  24. udah nyoba rokok “kethek gancet?” kalo belum, sana tanya jokosantoso, dia sudah berhasil mendapatkannya atau belum

  25. om aku nitip dibeliin lucky strike yang 1500-an sebungkus donk, soale aku hoby berat sama rokok ini, uangnya nyusul yah….

    wew, jangan brenti merokok, nanti negeri ini bangkrut loh…

  26. daripada uangnya dibeliin rokok mendingan kasih ke aku aja. :D

    makanya aku dukung..berhenti merokok dan banyakin beramal.
    *nga nyambung*

  27. Hwaaaa….ka….ka….
    Berhenti merokok karena paru-paru udah jebol bolong-bolong….

    Langkah pertama adalah:

    PASANG BANNER ANTI ROKOK !!!

  28. Eh, tau ndak.

    ABG pada demen sama sayah karena sayah ndak ngerokok looohh….

  29. .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .

    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    mangsudnya, dirokok.

    hi…hi…hi….

    ***kabourrr….****

  30. Aduh abang ini…. Ko malah gencar-gencarnya promosi’in asep tabunan…. :cry:

    Tp Aku mo pesen Jarum Super 5 bungkus
    Marlboro 4 bungkus
    Filter 1 slop
    How Much Bang ? Harga Tetep kn ?
    * mumpung lg Sale, Borong ah….* :lol:

  31. Bang ! aku dukung niat Mu dengan arak-arakan keliling HI.
    *sambil bagi’in selebaran “kunjungi goestoge.wordpress.com”…* :mrgreen:

  32. Ridu gak ngerokok,, dan keluarga dari ibu ridu yang cowok2nya gak ada yg ngerokok, dari mulai om, sampai eyang kakung

  33. ingat siapa yang rugi kalau suami mati duluan karna rokok.. ya jelas anak istrinya dong…….

  34. @Abeeayang™
    Hehehe :mrgreen:
    Situ sekalian promosi yaks :?

    @leksa
    Wah…berhenti nge-rokok masa karena wanita sih :?
    Hayo coba berhenti karena ke-ingin-an sendiri 8)

    @tukangkopi
    Ente ber-untung ndak nge-rokok bro ;)

    @starboard™
    Wah, kalau Amild nyang itu aku seperti ngerasa nggak nge-rokok lho :roll:

    @itikkecil
    Wah ini bukan men-dadak Ra, udah lama sekali aku ingin ber-henti tapi belum bisa-bisa juga :(

    @suprie1983
    Hehehe, semua-nya bisa masuk gitu yaks? :P

    @yonna
    Ya iya kan di-tarik garis lurus perubahan jenis rokok-nya men-jadi petualang-an ter-sendiri kan :mrgreen:
    Tapi aku juga nggak setuju dengan perokok yang nggak lihat-lihat tempat lho, aku aja sering sekali nge-mati-in rokok kalau nge-lihat orang di-sekitar-ku sudah mulai tidak nyaman 8)
    Btw, thanks buat saran-nya ya Na, mudah-mudah-an aku bisa ;)

    @Nazieb
    Weks…apa hubungan-nya? :?

    @evelynpy
    Kan semi-nya udah tuh…Cigarillos 8)

    @emyou
    Huhuhu, kan udah di-bilang penyesatan umat bukan :P
    Thanks yaks buat dukungan-nya ;)

    @nana
    Waduh, generasi penerus jadi inget masa lalu nih :|
    Kalau emang dia masih taraf coba-coba sih mending suruh berhenti dari sekarang aja deh, ntar ke-bablas-an dan susah henti-in-nya ;)

    @Dee
    Itu rokok apa rokok yaks? :roll:

    @sandemoning
    Weks, itu mah harga-nya zaman kapan euy hehehe
    Trus iya juga sih, satu batang nggak ngerokok kan mengurangi jatah buruh pabrik rokok 1 hari *pe-maksa-an* 8)

    @Ina
    Hehehe…tapi ide-nya bagus lho, banyakin ber-amal dan ber-henti nge-rokok, *se-andai-nya aku bisa*
    Sekarang sih masih jalan dua-dua-nya lho Na :P

    @mbelgedez
    Halah *ngirim karet tempel ke Mbel* :twisted:
    Huhuhu, oh gitu yaks alasan ABG pada demen sama situ? *prihatin dengan ke-narsis-an Mbel* :?
    Wekeke, di-rokok yaks? di-rokok? Kalau itu mah aku juga demen Mbel :lol:

    @goes
    Hehehe, ini bukan promosi-promosi-an kok Goes, hanya sekedar cerita evolusi rokok-ku doang :P
    Trus kalau mau pesan dengan harga dulu, tunggu Einstein kelar bikin mesin waktu yaks, dan kamu ini gimana sih, kata-nya mo dukung, kok malah aji mumpung pake selebaran lagi :mrgreen:

    @ridu
    Bagus dong kalau situ ndak nge-rokok, apalagi keluarga-nya juga jauh dari rokok ;)

    @Anang
    Ya iya emang. Tapi kalau tentang mati kan nggak cuma hubungan-nya ama rokok bro, toh banyak juga pe-rokok yang ber-umur panjang kan? ;)

  35. Evolusi RokokKu…

    aku mulai dari Djarum Super trus Pindah Surya 16 –> pada jaman ini nyobain rokok putih handrolling tobacco “Drum” yang sekarang masih favorit – trus sekarang sudah mantep di Gudang Garam International. Hidup rokok kretek Hidup Indonesia F**k Philip morris dengan Marlboro kreteknya! rasanya gak enak!!!

    Kretek
    Dari Indonesia
    Oleh Indonesia
    Untuk Dunia!!

  36. huhuhu..
    betul bang militus..
    kakek temen sayah itu usianya sampe 86 taun, ya ngerokok berat..
    jadi tergantung usaha jaga badannya tho… :mrgreen:

    ah, jadi inget rokok sayah pertama dulu..
    **kebayang longbeach yang ndak enak..**

  37. SAYA DUKUNG NIAT ANDA MAU BERHENTI MEROKOK!

    SELAMATKAN NYAWA ANDA!!

    pecinta.pria.tak.merokok.

  38. he, rokok saya dulu lucky strike tanpa filter, gudang- garam merah ma bako vanilla yg 50 gram. Muantaph banget.
    Tapi itukan dulu,
    Haree genee masih ngerokok?
    Ta doa’in semoga sukses dengan niatnya..Amin

  39. waaa . . . venus ma tika dah komen . . .
    klo ditanya, siapa yang ingin saya liat aksinya merokok . . . VENUS & TIKA . . !
    selama ini saya cuman liat foto2nya . . .
    itupun sudah terlihat nilai keindahannya . . .
    semoga sempet kopdaran . . . . . dan . . . .mereka
    belum berhenti merokok . . . . . . . . :P
    *ya ampun . .longbeach tik? gak melet ta . . . *

  40. berenti.. pilihan yg pas, harga rokok makin muahalll

  41. absen
    kalo gw mah starmild sama luckstrike
    cukup :mrgreen:

  42. Wah, gue ngga ada pengalaman sih soal ini. Pernah ngerokok, tapi cuma sebentar. Setau gue golongan rokok putih.

  43. saya kemaren2 sempat secara paksa di suruh berhenti ngerokok….menyebalkan. untung saya bisa dengan cekatan keluar dari masa2 menyeramkan itu.
    sekarang saya sedang mencoba menjajaki beberapa merk rokok biar kembali dapat merasakan nikmatnya merokok setelah sempat selama 2 minggu di paksa berhenti oleh pahitnya tenggorokan.

    berenti ngerokok?
    gile aje……
    segede gini nggak ngerokok?
    mau jadi apa hah?
    ha?

    huhuhuhuhu :D

  44. Iklan rokok yg dibuat sgt keren bisa ngebuat ssorg yg ngerokok itu merasa keren juga…
    Coba liat artikel di blog gw “iklan rokok adalah musuh bersama”

  45. temen baik saya biasa ngrokok A-Mild Menthol… :mrgreen:

  46. @ardian
    Hehehe, ter-nyata rokok-nya bro ada evolusi-nya juga yaks :P

    @-tikabanget-
    Akur Tik. Btw, weleh, pernah jajal longbeach? *muntah-muntah* :mrgreen:

    @Bella
    Semoga, thanks buat support-nya ;)

    @rumahkayubekas
    Hehehe, bisa belajar nih dari Mas-nya yang udah ber-henti nge-rokok
    *duduk dengan manis* ;)

    @ebeSS
    Wakaka, *ikut nunggu-in ngeliat aksi mereka secara realtime* :lol:

    @harriansyah
    Semoga yaks bro ;)

    @Fajar
    Hahaha, absen-nya di-terima :mrgreen:
    Btw, Luckie’s mah masih mending, Star Mild nggak pernah nyoba euy :P

    @Dewa Dewi
    Malah bagus kan kalau sekarang udah nggak nge-rokok lagi :P

    @bedh
    Bingung mo dukung bedh apa nggak yaks? :twisted:

    @ranywaisya
    Hehehe, iya sih, tapi itu mungkin buat se-gelintir orang-orang yang mungkin baru tahu rasa-nya
    Tapi jujur aku malah nge-lihat nggak ada keren-keren-nya, ini lebih ke kebutuhan malah sekarang :(

    @niez-nya adit
    Wah ndak pernah tuh, apalagi yang rasa menthol nggak gua banget :lol:

  47. Sepakat!!!
    Rokok tidak baik untuk kesehatan

    Unda juga dulu klo gk diancem diusir dari rumah, mungkin sekarng juga jadi perokok. Syukurnya enggak, alhasil sampe sekarang gk pernah ngerokok, dulu aja waktu kemping di hutan ngerokok soalnya dingin, hehehe.

    Berenti merokok, daripada duitnya buat ngerokok, mending buat sewa komik aja, hahaha

  48. Sayah udah sakaw negh,…

    ***lama ndak dirokok….***

  49. dimulai dari rokok comodore kelas 5 SD. tapi cuma iseng. sama sekali bukan perokok.
    berlanjut dengan gudang garam filter dari SMP kelas 3 sampai SMA. rokok buat biar keliatan gaul. biar gaya. padahal ngga ngerokok banget
    kuliah? seperti nya orang pinter dan modern rokoknya sampoerna mild
    sekarang? masih rokok yang sama, dengan intensitas makin tinggi.
    kesimpulan?
    *kok gw jadi curhat juga yah?

  50. ah klo aku see yang murah aja palagiyang ketengan itu lebih nikmat yang paling nikmat lagi tuh rokok yang ngutang saat aku di kos kosan heheheheheh

  51. Gimana caranya bikin rokok yg uenaaaak tenan
    sausnya formulanya ……pake apa ada yg tau???
    mgkn pake sabu kali ya…melayang jauh…….ke awan

    paru bolong baru berhenti…..sebelum bolong…kesempatan merokok masih ada……sby bilang lanjuttttttttttttttttt

  52. Pertama kali ngerokok ya Garpit… 200 perak dapet 3 batang pas kelas 3SD (wkwkwkw). SMA ngerokok Djarum Cokelat (asli enak, anget, ga bikin ketagihan). Kuliah berhenti…Kerja karena stress ngerokok lagi sekarang pakai Clas Mild (hehe… enak rasanya sayang susah berhentinya… )

  53. mas kalo jarum ketengan rp 50/btg.masa sebungkus 1400, lha jarum super isi 28khan blm pnah ada. kamu ngibul ya?

  54. Lucky Strike..sejak 1991 s.d sekarang 2014..sejak Rp. 750,- s.d Rp. 14.800,-..Lucky Strike..memang mantap..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: