we do like we were born – berbuat seperti kita dilahirkan

Kalimat pada judul diatas membuat aku terperangah (dengan mulut menganga) dan dalam sekejap menggunakan otak-ku yang kecil ini untuk mengolah makna dari kalimat tersebut.

Sebuah kalimat yang mengandung makna yang menurut aku dalam abis. Btw, aku mendengar kalimat itu waktu lagi nonton film ¨300¨. Sebuah film yang diangkat dari novel sejarah dan menceritakan sebuah kisah epik bangsa Sparta yang gagah berani versus tirani bangsa Persia.

300spartan1.gif

Ditengah – tengah perang, sang Raja Sparta – King Leonidas yang memimpin langsung pasukannya yang hanya berjumlah 300 orang dan melawan ratusan ribu pasukan Persia pimpinan King Xerxes, memompa semangat pasukannya dengan kata – kata:

Sparta would not surrender, Sparta would not retreat
We do like We were Born

300spartan2.gif

Aku tertarik dengan kalimat – kalimat tersebut, terutama dengan kalimat ¨we do like we were born¨ yang secara harafiah pada bahasa indonesia mungkin bisa diartikan kita melakukan seperti apa kita telah dilahirkan (ditakdirkan, dilatih, atau bahkan juga diharuskan). Dan hebatnya, diceritakan bahwa bangsa Sparta sudah mengenal keyakinan ini dalam mempertahank bangsanya.

Menurut aku sih, tujuan dari kalimat kalimat itu sangat bagus sekali untuk meng-injeksi kekuatan mental kita agar kita bisa bertahan dalam segala situasi yang mungkin membuat kita lemah dan bahkan cenderung melakukan sesuatu di luar kesadaran kita pada saat kita mengalami tekanan yang luar biasa hebat.

Dan dengan berprinsip bahwa lakukan seperti apa kita telah dilahirkan, hidup kita ditakdirkan dan digariskan, maka aku yakin bahwa kita akan lebih bisa survive di dunia yang gila ini.

Salam Militis!


extremusmilitis TAGS: , ,
Technorati TAGS: , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: