fiuuuh…ngedit video (lagi)…setelah sekian lama


Prologue:

Legarasanya lega, setelah berjibaku selama 2 hari tanpa pernah memeramkan mata yang cuma dua ini. Footages yang terdiri dari foto-foto yang jumlahnya hampir 3 ribuan di sortir menjadi hanya sekitar puluhan saja, file sound yang harus di-crop sana sini, detik per detik untuk ngedapetin timing sound yang pas, video yang emang udah dari sono-nya jelek😦 , dan harus di render ulang plus option anti-flicker diaktifin biar flicker-nya gak kelihatan.

Yah, aku harus nyiapin presentasi multimedia yang diminta oleh teman, dokter, ekspatriat sekaligus salah seorang koordinator unit Health di kantorku, yang merupakan presentasi latar belakang proyek dan kegiatan-kegiatan dari unit Health.

Capek sih, emang. Belum lagi deadline-nya yang mefet, cuma dikasih waktu 2 hari, nah ditambah, aku udah ninggalin “dunia edit mengedit video” sejak 3 tahun yang lalu, maka semakin lengkaplah penderitaan-ku kebingungan-ku harus mulai dari mana, opening-nya enakan gimana, ntar transisi antar frame bagusan mana, dan kompresi yang paling jernih itu apa. Gila…aku kaya anak kecil yang baru merangkak.

Sebagai langkah awal, aku mulai dengan proses meminta saran dari salah satu kerabat-ku dan kerabat Tian Zega juga, Doni Dachi (calon maestro multimedia editor🙂 ) sekaligus minta buatin video transisi biar gak kelihatan jumping antara frames session. Nah, baru aku mulai dengan menggarap storyboard-nya, trus misahin garap tiap session pake After Effects miliknya Adobe – karena footages-nya kebanyakan foto, maka mau gak mau aku lebih sering pake mode “pan and zoom”😛 . Setelah itu semua selesai, yang ngabisin hampir 6 bungkus rokok plus 6 gelas kopi, aku mulai proses editing dengan gabungin semua session, crop sana, crop sini, trimming, trus masukin background musik-nya ”Minuet” From The Anna Magdalena karya sang maestro Johan Sebastian Bach (asyik juga ngedit sambil dengerin musik klasik😛 ), trus masukin jingle dan terakhir voice dari Mariani (pembicara) talk show radio sebagai pelengkap.

Dan, proses terakhir yaitu rendering process dengan kompresi MPEG2 DVD, total jenderal durasi video-nya sekitar 6.22 menit, dan aku harus menunggu sekitar 1/2 jam-an sampai proses rendering ini kelar. Tentu saja, akhirnya aku bisa bernapas dengan lega, ketika akhirnya proses jibaku ini bisa selesai, meskipun mata ini sudah seperti lampu 5 watt redup dan badan ini sudah gak bisa lagi di ajak kompromi buat bekerja. Nah, video prologue diatas adalah salah satu bagian dari presentasinya.

Dan yang paling gila, hormon addictive di tubuh-ku malah sekarang seperti-nya bangkit kembali. Hormon yang aku yakin bakal maksa aku untuk maen-maen dengan pengeditan video, yah mungkin ngedit video orang-orang yang beraksi maksiat😈😆


extremusmilitis TAGS: ,
Technorati TAGS: , , , , , , , , , , , , ,

4 Tanggapan

  1. Bwahahaha… kena virusnya si master audio-video juga ya?

    *timpuk doni*

    enak memang main2 multimedia begitu. baru bikin musik techno saja, aku rasanya puas seperti klimaks.

    Ayo, dipajang di multiply donk😛

  2. @alex
    iya neh, kayanya virus-nya gak ketulungan lagi😛 , bikin panas dingin
    boleh, ntar aku jejerin deh atu – atu…
    eh, multiply-nya ente emang apaan?

  3. cuma satu ini kok: http://tintamerah.multiply.com
    itu pun benernya fungsinya cuma jadi backup postingan-postingan di blog, kalo tiba-tiba Matt ngamuk atau server kelelep banjir di luar nagari sono😆

    di-add ya?😛

  4. @alex
    *baru abis dari multiply nya alex*
    koleksi ente lengkap juga yaks, jadi pengen nyedot🙄
    btw, tuh udah aku add ya bro tapi pake account baru http://extremusmilitis.multiply.com/.
    yang lama udah gak jelas😆
    *uploading mode: on*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: