Maaf Itu Bukan Untuk Sementara

fear.gifGegap gempita perayaan Idul Fitri bagi umat Muslim se-dunia sungguh sangat besar makna-nya, kata Mohon Maaf Lahir Dan Batin, adalah kata yang paling laris™ diucapkan oleh setiap orang baik yang merayakan hari ini maupun yang tidak merayakan-nya. Sungguh indah.😉

Aku selalu tergetar setiap kali melihat setiap orang ber-salam-salam-an, saling ber-silaturahmi, saling mengucap-kan kata-kata yang meminta berkat dari Tuhan Yang Maha Esa dan yang terpenting meminta maaf dan me-maaf-kan.

Aku, dalam hati, berharap kalau ini tidak hanya untuk kali ini saja. Dan lagi, maaf itu bukan hanya untuk di-ucap-kan tapi juga untuk di-laksanakan.

Meskipun apa yang sering aku dengar dan aku lihat, kalau ternyata masih ada juga yang meng-guna-kan momen yang indah ini, untuk saling memaaf-kan tapi hanya sebagai formalitas semata, tidak lebih.😦

Bukan-kah akan lebih indah jika maaf itu emang benar dari hati kita, dari perasaan kita untuk dapat me-maaf-kan sesama kita terlepas dari dia mau me-maaf-kan kita juga atau tidak, karena me-maaf-kan bukan utang yang harus di-bayar, itu jelas. Aku meng-anggap kalau “Maaf” itu bukan hanya kata tapi adalah bentuk dari Kasih dan Ke-Ikhlas-an kita untuk meng-ampuni sesama dan aku yakin kalau “Maaf” itu bukan untuk sementara saja. Mudah-mudah-an kita sama-sama setuju.🙂


extremusmilitis TAGS:
Technorati TAGS: , , ,

25 Tanggapan

  1. Ya, aku sudah me-maaf-kan mu
    Dan bukan hanya di mulut ini saja, tapi dari hati-ku yang paling dalam😉

  2. maaf ya….

  3. maaf juga chika😉

  4. Mohon maaf juga, ya. Mau pamit dari blog beberapa hari, he he he. Happy holiday.

  5. Mohon Maaf Juga Ya Hanna
    Lho, emang mau kemana Han?
    Met Libur Aja Deh Kalau Gitu😉

  6. mohon maaf lahir dan batin…🙂

  7. Mohon maaf lahir bathin ya…😀

  8. @caplang & @mathematicse
    Mohon Maaf Lahir dan Batin Juga Yaks😉

  9. met lebaran bro..thanx coment nya in my blogs
    lam kenal aja y🙂

  10. Mohon maaf lahir batin ya ..

    *bener2 dari lubuk hati yang paling dalam*

  11. *mode Mpok Minah ON*
    Maaf Mus…
    bukannya saya mau ganGgu,
    bukannya saya ikut2an…
    tapi maaf Mus…
    saya bener2 mau minta maaf…
    maaf,bukanya mau tiru2,tapi maaf,saya tuLus kok.😉

  12. @willmen46
    Salam Kenal juga bro😉

    @erander
    mohon maaf lahir dan batin juga bro…
    *ngubek-ngubekin ati-nya erander*:mrgreen:

    @Chiw gi di Rumah!
    iya aku ngerti…aku ngerti, kalau maaf-nya Chiw-ku yang imud nan cantik nan manis (ini kata-nya chiw lho) itu tulus abies😉

    Sama chiw, aku juga minta maaf yaks kalau ada yang bikin kamu kaya kesambet kalau lagi baca komen aku,😆

    btw, apa hubungan-nya ama mpok minah yaks?🙄

  13. Selamat Hari Raya Lebaran
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

    Salam
    diujungwaktu
    São Paulo – Brasil

  14. maafkan atas segala dosa saia ya kawand!
    minal aidin wal faidin!
    maafkan atas segala komeng OOT saia….dan segala dosa yang saia sadari maufun tidak:mrgreen:
    ah ya, saia barusan memfraktekkan
    “maaf untuk sementara”
    soale saia suda biasa untug OOT..mhuahuahua

  15. Bro, met ngerayain Lebaran…
    Maafin tiap komen-ku yang gak mutu…

  16. @diujungwaktu
    Met Lebaran Juga Bro
    Salam Militis!!!🙂
    Thanks

    @hoek
    Udah, udah aku maaf-kan Hoek, tanpa ente minta, asal fulus-na ada😆
    Met Lebaran Juga Yaks… Thanks

    @jensen99
    Met Ngerayain Lebaran Juga Bro😉
    Lho yang bilang komen-nya gak mutu itu siapa? Malah postingan-ku yang sering gak mutu😆
    Thanks Bro…

  17. maaf lahir batin…
    moga madrasah ramadhan yang kita lalu memberikan hasil yang benar-benar bermanfaat.

  18. ikut bermaaf ria juga.😉

  19. maafkan akuuuuuuuu
    menduakan cintamuuuuu
    berat rasa hatikuuuuuuu
    tinggalkan dirinyaaaaaaa
    ================================
    maaf lahir batin oom🙂

  20. Mohon maaf lahir dan batin di hari yang fitri ini. Taqaballahu minna waminkum taqabbal ya kariim.
    Ya, ya, ya, budaya meminta maaf memang dibutuhkan di negeri ini. Sayangnya, budaya paternalistis yang demikian kuat mengakar di tengah2 masyarakat kita, membuat para pejabat masih sering sungkan untuk meminta maaf kepada rakyatnya:mrgreen: terhadap kesalahan2 yang pernah dilakukan.

  21. @aRuL
    Mohon maaf, lahir dan batin juga ya Rul
    Semoga…😉

    @danalingga
    Bohle kok ikut-ikut-an, Mohon maaf kalau ada salah ya Dan…
    Ria-nya juga boleh ikut:mrgreen:

    @’K,
    apakah ini tanda-tanda berakhir-nya puasa dan lebaran untuk tahun ini, sehingga samfah dan OOT mulai bertebaran lagi😆
    Mohon Maaf Lahir dan Batin Juga Jenderal…

    @Sawali Tuhusetya
    Mohon Maaf Lahir Batin Pak Guru
    Akur dengan pendapat Pak Guru, dan Seharus-nya Maaf itu bukan hanya untuk se-saat saja😉

    @all
    PS: sedikit tambahan, aku sangat senang…kalau melihat daftar komentar-komentar di-atas, seperti-nya teman-teman dan sahabat-sahabat udah pada memuncul-kan diri lagi di blogsphere, dan ini berarti blogosphere akan semarak lagi setelah kehilangan selama beberapa saat

  22. met lebaraannn..
    maap-maapaaann..!! ^^
    *salaman*

  23. Selamat idul fitri 1428 H
    “mungkin telat ya :>>”

  24. Masih dalam suasana lebaran,neh.
    Mohon maap lahir dan batin, yah.

  25. @RM | @Dewa Dewi
    Met Lebaran Juga
    Mohon Maaf Lahir dan Batik Yaks😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: