Tour De Bali (3) – End of Live Report

Hari ke-tiga dan ke-empat aku puasin dengan keliling-keliling Kuta, sekalian juga ke Denpasar, nyari-in Toko Baliwae buat nyari aksesoris kaya gelas, kaos oblong, atawa topi ber-bau Linux eh malah nemu kaos ber-tulisan WordPress jadi sekalian aja deh, trus juga maen ke Joger buat belanja beberapa kaos oblong, sayang ndak ketemu oblong yang ada hubungan-nya ama blogging😦 , pokok-nya ngabisin waktu buat nyuci mata. Dan kalau gak ati-ati, persediaan bisa bablas ini, dan bisa-bisa gak bisa pulang😉

sunsetkuta Sore-nya aku lanjutin nikmatin Sunset di Kuta, dan nonton acara live music Reggae yang penari-nya emang langsung datang dari Jamaica sana. Trus malam-nya ngelanjutin nonton street fashion show. Emang dasar nasib, giliran liburan dapet-nya acara-acara nomor satu 8) . Katanya sih acara-acara kaya gini gak ada tiap hari.

reggaekuta streetfashionshow streetfashionshow1

Nah, hari ke-lima, aku ngatur rencana buat ke Pura Besakih, pura yang ter-tua dan yang paling suci di pulau Bali, sekalian nonton Tari Barong di daerah Batu Bulan dan nge-lewatin tempat pembuatan Batik di daerah Celuk, dan juga tempat pengadilan zaman dulu kerajaan Klungkung.

#Tari Barong

taribarongTari Barong ini men-cerita-kan tentang asal muasal perang abadi antara kebaikan yang di-lambang-kan dengan Barong melawan kejahatan yang di-lambang-kan dengan Rangda, menurut kepercayaan masyarakat Bali.

Buat nonton aku di-pungut biaya 50 ribu, cukup murah buat sebuah Tarian-nya yang seru, apalagi di-awali dengan tarian Bali yang bola mata penari-nya ngelirik ke-kiri dan ke-kanan dengan cepat, seru. Trus ada dagelan-nya juga lho.

taribarongperang taribarongrangda

#Klungkung

klungkunglukisankunoDi Klungkung ini, terdapat lokasi Taman Kerta Gosa yang merupakan tempat berdiri-nya Kerajaan Pertama di Bali (kata-nya sih begitu), katanya juga Klungkung ini merupakan ibukota Bali zaman dulu. Oh iya, di lokasi ini ada juga Balai Pengadilan kerajaan. Kaya-nya sih benar, soal-nya di langit-langit balai pengadilan tersebut banyak lukisan-lukisan kuno yang meng-gambar-kan hukuman yang bakal di-terima atas kesalahan yang telah di-lakukan.

Jadi merinding juga sih, ngebayangin kalau zaman dulu ternyata hukuman buat pelaku kejahatan itu serem-serem, dan ini arti-nya bahwa ke-adilan sudah ditegak-kan dengan baik sekali (heran, kok zaman sekarang yang kata-nya manusia-nya udah pinter-pinter malah keblinger ya?)

#Pura Besakih

Pura Besakih ini adalah lokasi Pura yang terbesar di Bali dan merupakan tempat suci terbesar bagi agama Hindu di Indonesia, seperti Candi Borobudur buat umat Buddha. Lokasi-nya luas sekali, dan persis berada di kaki Gunung Agung, yang adalah gunung suci bagi masyarakat Bali.

purabesakih1 purabesakih2

Sedikit informasi, kalau mau ke-sini harus siap-siap nge-rogoh kocek tambahan, buat ngebayar guide lokal yang harus kita sewa, ini-pun kalau yang semacam ini tidak di-kategorikan sebagai bentuk pemaksaan oleh masyarakat setempat😡 . Jangan takut buat nawar, karena biasa-nya mereka buka harga guide 150 ribu, aku tawar akhir-nya bisa juga dapet dengan 30 ribu😉

Hari ke-enam, saat-nya aku harus pulang, meninggal-kan Bali, Pulau Dewa dengan semua keindahan dan kesenangan yang aku dapat-kan😥 . Pengen-nya sih lebih lama lagi, tapi lagi-lagi aku harus kembali ke kehidupan nyata, bekerja untuk mencari sebakul nasi (sesuap ndak cukup😆 ), dan so pasti ngumpulin duit buat liburan lagi😈

Bali, aku pasti kembali:mrgreen:

21 Tanggapan

  1. yay! vertamax! ni fotonya masi loading…

  2. itu foto reggae kutanya ko ya syerem sangadh yah? uda gitu fashion modenya juga…
    ugh! cewe bule yang berjemurnya mana niih? mana?!

  3. ah ya, titifan arak bali saia suda dibeliken?
    kalo ndak, ya saia terfaksa HETTRIK!

  4. Kadang membaca tulisan seperti ini di benak saya terbersit sedikit kekhawatiran…
    Akan bertahan sampai kapankah semua itu (alam maupun segala budaya yang ada)?
    Sayangnya…saya hanya bisa khawatir, tanpa ada tindakan nyata dari saya pribadi untuk menjaga dan melestarikan semua itu😦

  5. kapan-kapan Ade diajak ke Bali ya mas…

    -Ade-

  6. sayaaahh!!! ajak sayaaahh..!!

  7. udah dpet report yg lbh serunya😈

  8. kapan aplot trijipinya?

  9. Weh, mbak-mbak di street fashion show-nya pada bertanduk😯

  10. Show yang menarik tu, sobat, he he he.
    Mang dasar orang beruntung. Jadi kemana perginya tetap aja beruntung, he he he.

  11. @hoek

    itu foto reggae kutanya ko ya syerem sangadh yah?

    serem ya hoek?, goyangan-nya hoek, goyangan-nya😈

    ugh! cewe bule yang berjemurnya mana niih? mana?!

    kalau yang ini buat di-nikmatin sendiri hoek, ndak pake di-bagi-bagi😈
    arak-nya, hiks…hiks…ke-tangkep di bandara hoek, kata-nya mo di-jadiin bahan bakar pesawat😆

    @deKing
    bukan cuma situ aja yang khawatir kok bro, aku dan kita juga
    sedih rasa-nya ngebayangin kalau kebesaran masa lalu itu bakal ilang ditelan zaman yang semakin edan😦

    @Sayap KU
    Oke De, ntar kalau ke situ lagi bakalan ngajak Ade😉

    @-tikabanget-
    ayo, ayo kalau mo ikut
    *njulurin tangan narik tika*:mrgreen:

    @’K,
    pitenah ini namanya, aseli pitenah…
    *nyumpel Jenderal pake granat*😆

    @caplang
    ndak pake aplot2an plang, ntar langsung aku kirim ke stasiun tipi😈

    @sigid
    iya gid, tema-nya lagi ngusung Pesta Halloween ntar lagi

    @Hanna
    emang, bener-bener menarik, thx Han😉
    amin, makasih doa-nya ya Han😳

  12. Lho? Sudah kembali ini ceritanya?

    Mana oleh-olehnya?👿

  13. I send u email. Please check it.

  14. @alex
    hehehe, udah lex…
    belon bisa bawa lex, untuk bisa pulang aja udah syukur, untuk ndak sampe jual baju ama celana…
    *cari alesan*😈

    @Emi😕

  15. belon bisa bawa lex, untuk bisa pulang aja udah syukur, untuk ndak sampe jual baju ama celana…
    *cari alesan*😈

    Ahahaha! Ini pasti bukan alesyan! Ini pasti beneran!!
    Sudah kuduga! Gyahuahuahauhau….

    *kabur*

  16. Oh ya kalau fashion shownya Planet Surf di foto kamu itu di Surabaya ada juga lho.
    Tapi sekarang mulai berkurang soalnya orang lebih sibuk jalan sendiri daripada berhenti liat manekin di Surfer girl

  17. Mestinya kalo keBali hubungi blogger dibali mas,jd kan ada yang nganterin he3 sekalian bisa kopdar
    Salam kenal

  18. @alex
    *nge-rajam alex pake patung Rangda*😈

    @evelyn pratiwi yusuf
    oh bener ya? ndak tahu juga sih, udah lama gak nginjekin kaki di Surabaya euy😉

    @adeksetiawati
    wah bener itu, saran-nya bagus itu, sayang-nya aku ndak kepikiran sama sekali lho, tapi gpp kok pasti ke-depan-nya aku bakalan ngikutin saran-nya
    Thx😉
    Salam Militis!!!

  19. ah, dikau ngga ngajak2…

    huks huks…

    betewe, thankz yyyooo…😉

    Mus Mus baik deh

  20. weleh, jadi pengen malu😳
    biasa aja kok Wi…

  21. kueren

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: