Akan-kah Kita Seperti Ini, Nanti???

thumb_childrenofmenimages Sore ini, aku lagi ter-paku pada se-buah film keluaran 2006 yang di-putar di HBO, sebuah film tentang hilang-nya sisi ke-manusia-an, dan bukan tidak mungkin hilang-nya sebuah per-adab-an di masa depan oleh karena tingkah manusia sendiri.

Film yang ber-judul “Children of Men[1] secara gamblang meng-gambar-kan hilang-nya moral dan juga penuh dengan warna kelam suram manusia. Di-tambah lagi dengan perjalanan panjang, penuh dengan darah, yang di-jalani oleh se-orang Ibu yang sedang mengandung dan akan me-lahir-kan se-orang bayi setelah 18 tahun tidak satu-pun bayi yang di-lahir-kan, dalam usaha menyelamat-kan sang Ibu dan bayi-nya yang di-kultus-kan sebagai ikon yang bisa menyelamat-kan zaman ter-sebut.

Jujur aku tidak bisa mem-bayang-kan ketika kita hidup dalam suasana dimana manusia sudah ber-tingkah seperti binatang tanpa ada lagi yang bisa di-percaya, dan kita di-paksa untuk ber-tahan dalam kehidupan tanpa harapan. Tidak ada lagi tawa canda, tidak ada lagi kasih di-antara sesama, tidak ada lagi ke-peduli-an, yang ada malah saling bantai mem-bantai se-akan ber-lomba menunjuk-kan taring-nya satu sama lain.๐Ÿ‘ฟ

Akan-kah kita seperti ini, nanti ketika memang ini harus ter-jadi, dan aku percaya ini pasti ter-jadi, bahkan sekarang saja-pun bila kita banding-kan dengan belasan tahun yang lalu atau bahkan puluhan tahun yang lalu, telah ter-jadi per-geseran moral yang sangat besar dalam sejarah evolusi manusia.๐Ÿ™„

Dan lagi se-andai-nya ini tetap ter-jadi, apakah masih banyak di-antara kita yang ingin hidup ber-lama-lama di dunia ini, aku yakin tidak, karena kita semua meng-ingin-kan yang indah-indah-nya saja, tanpa pernah mau mengalami hal-hal yang buruk, walaupun di satu sisi, kita sendiri yang men-cipta-kan ke-buruk-an itu. Benar-benar ironis, menurut-ku. Kita sendiri yang hidup dalam naluri kita.๐Ÿ˜•

Siapa yang akan ber-tanggung jawab ter-hadap semua ini? Tidak ada, dan kalau-pun ada, ya manusia itu sendiri.๐Ÿ˜‰

[catatan:]

  1. Informasi tentang film ini dari mbah Wiki
  2. Gambar di-ambil dari sini

26 Tanggapan

  1. semoga manusia tidak terlambat dalam menyadari kesalahannya, sehingga masih ada waktu untuk diperbaiki… errr.. pertamax?

  2. Hanya kita sendiri yang bisa menyadari dan mem-perbaiki-nya bro.๐Ÿ˜‰
    *selamat buat pertamaxxx-nya๐Ÿ˜› *

  3. Jujur saja aku belum menyaksikan filmnya, Bung Militis, hiks, jadi malu. Tapi dari narasi Bung Militis, agaknya film itu menggambarkan kondisi peradaban kita yang sedang sakit, bahkan “mati suri”. Ndak usah jauh2. Di negeri ini banyak aksi anomalisasi sosial yang justru dilakukan oleh orang2 terhormat. Aksi KKN, jelas2 merupakan sebuah bentuk anomalis sosial yang tidak lagi peduli terhadap sesama, bahkan cenderung mencari keuntungan bagi diri sendiri ata kelompoknya.

  4. fakta lain adalah penyingkiran orang2 yang dianggap kritis. ini pertanda buruk buat peadaban kita, bung. Kalo kepekaan dan nilai2 kearifan hidup sudah hilang dalam gendang nurani kita, walah, agaknya peradaban kita akan terus seperti ini. Butuh kesadaran kolektif semua komponen bangsa untuk bersama-sama kembali kepada nilai-nilai kebenaran, kejujuran, dan keadilan hakiki. Bukan hanya slogan, melainkan riil. Bisa langsung dimulai dari diri kita sendiri.
    Ok, makasih Bung Militis, postingan ini mencerahkan sekali, bisa kembali mengingatkan betapa selama ini kita abai terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

  5. @Sawali Tuhusetya

    Kalo kepekaan dan nilai2 kearifan hidup sudah hilang dalam gendang nurani kita, walah, agaknya peradaban kita akan terus seperti ini

    Ini-lah yang aku gelisah-kan Pak Guru, dan film ini kembali meng-ingat-kan aku akan ke-gelisah-an-ku itu๐Ÿ˜
    Btw, sama-sama terima kasih Pak Guru atas komentar-nya, semakin mem-perjelas๐Ÿ˜‰

  6. sebelum hal buruk itu terjadi, kita jaga terus apa yang udah baik sekarang ini. dan klo bisa malah makin diperbaiki lagi…
    apalah gunanya manusia dikasih akal dan hati klo ga digunakan sebaik2nya…:mrgreen:

  7. @niez-nya adit
    Emang benar apa yang kamu bilang Niez, tapi bukan-kah justru dengan akal, pikiran dan hati yang di-miliki manusia yang justru men-jadi sumber bencana itu sendiri?

  8. moral saya sudah hilang buat taruhan…

    *niru komen yg lalu*:mrgreen:

  9. Biar nggak terjadi gitu, mending ngeblog aja yukk:mrgreen:

    Ah, jadi kepengeh nonton…

  10. pinjem pelem nya om…
    aku kan enggak punya tv kabel,
    anak kost.. hik..

  11. Berarti kiamat sudah dekat:mrgreen:
    Di saat itulah kita berdoa,” Ya Tuhanku, wafatkanlah aku jika itu memang yang lebih baik untukku”

  12. bahkan sekarang saja-pun bila kita banding-kan dengan belasan tahun yang lalu atau bahkan puluhan tahun yang lalu, telah ter-jadi per-geseran moral yang sangat besar dalam sejarah evolusi manusia.

    benarkah? tapi kok sepertinya menurut gw yang namanya sejarah moral manusia itu naik turun ya..gak tau juga sih..๐Ÿ™„
    mohon petunjuk๐Ÿ˜€

  13. Seingat abang, manusia diciptakan oleh Allah berbeda dari mahluk2 lainnya dari akal budinya. Jadi .. selama manusia menggunakan akal budi-nya, maka selamat lah hidup ini.

    Karena .. ketika akal budi tidak dipergunakan lagi .. apa bedanya manusia dengan hewan, tumbuh2an dan mahluk lainnya?? bukan begitu??

    Makanya .. di dalam Al Qur’an sering dijumpai kata2 .. “bersyukurlah untuk orang2 yang berpikir” .. jadi, apa yang Mus katakan, yang bertanggung-jawab, ya memang manusia itu sendiri.

  14. hmmm sama aku juga belum nonton filmnya….

    kayanya banyak film yang menceritakan kemunduran moral dan kemunduran peradaban manusia…baik itu film action, horor, thriller, komedi, dll. bahkan lagu Korn yang suka diputar2 di radio dan TV belakangan ini juga menceritakan tentang kemunduran evolusi manusia, bahkan monyet lebih pinter dari manusia.

    kemunduran moral, kemunduran peradaban muncul karena manusia jenuh dan merasa terkekang kebebasannya oleh hukum dan peraturan…sebagai manusia yang butuh mengaktualisasikan dirinya, mengekspresikan pendapat dan perasaannya, menunjukkan kreativitasnya, dll akhirnya mereka membuat peraturan sendiri atau sama sekali keluar dari koridor peraturan tsb. akhirnya muncullah paham sekuler, hedonisme, materialisme, dll yang malah menghancurkan kehidupan manusia itu sendiri.

    peraturan yang terlalu mengekang akan menimbulkan pemberontakan, namun peraturan yang terlalu permisif akan menimbulkan kebebasan tak bertanggung jawab. tengah2 lebih baik kali ya….salam๐Ÿ˜€

  15. Ada air ada api, ada gula ada semut, ada baik dan ada buruk๐Ÿ˜€

    Manusia mungkin memang diberi pilihan untuk memilih keduanya, tinggal gmana akal budi manusia digerakkan untuk memilihnya…๐Ÿ˜€

  16. saya udah nonton.. bajakan kualitas DVD beli di glodok ๐Ÿ˜†

    jagad raya dan seluruh isi nya pasti akan berevolusi, nantinya sesuatu yang hidup dan dinamis pasti akan tiba pada satu titik jenuh dimana pada titik tersebut kejenuhan akan kemapanan teknologi, superioritas dll akan menca[ai klimaks dan kemudian berbalik ke titik nol kehidupan lagi..
    takut?? la tahzan.. itu semua cuma proses evolusi dan revolusi
    ๐Ÿ˜€

  17. moral . . . ? . . . amoral . . . . ? konon tempatnya ada di dalam hati . . . . hanya hati yang mana . . . manusia yang mana . . . . ?
    keberadaan film ini menunjukkan masih adanya hati yang berpengharapan . . produser, sutradara dan semua yang terlibat . . . termasuk sampeyan yang mengangkat film ini disini . . . .๐Ÿ™‚

  18. siapa tahu ? …

  19. Kadang untuk menjadi manusia yang mau mengakui dan menyadari kesalahannya itu membutuhkan hati yang lapang. Egoisme yg tinggi itu membuat manusia nga beda dr binatang.

  20. Lupa, naluri dan keinginan menghalangi gerak…
    bila budi dikebiri…
    tinggallah pucat pasi…

  21. prasaan ktia udah di zaman ini deh,..
    cuma masih versi yang moderennya,..

  22. wah…saya sempat nonton bentar tuh. filmnya memang seru. sayangnya waktu lagi sibuk, jadi nontonnya ga konsen. ntar kalo ada lagi coba nonton ah..๐Ÿ˜€

    thanks infonya.๐Ÿ˜‰

    kebetulan film ini memang bagus. yang main clive owen (king arthur, closer), juliane moore (far from heaven, the hours), sama michael caine (the quite american, batman begins). keren-keren bo!

    *pantengin hbo*

  23. @caplang[dot]net
    *hapus komen yang lalu*๐Ÿ˜ˆ

    @Nazieb
    Itu salah satu solusi-nya? Ada-ada saja๐Ÿ˜›

    @ulan
    cari bajakan-nya gih, pasti udah ada tuh, murah lagi๐Ÿ˜ˆ

    @Guntar
    Nah, sering-nya sih seperti ini, giliran kita harus meng-hadapi yang susah-nya, kita ingin cepat-cepat mati.
    Tapi pernah dengar nggak bro, ada orang bijak pernah bilang, jika tiba saat-nya nanti, untuk minta mati aja susah lho๐Ÿ™„

    @tukangkopi
    betul seperti itu bro, emang naik turun. tapi satu yang pasti, per-geser-an ini menuju ke-arah yang semakin buruk๐Ÿ˜ฆ

    @erander
    Akur bang, se-andai-nya saja semua-nya seperti itu, termasuk kita juga yaks๐Ÿ™„
    Kita di-beri-kan akal budi justru untuk ber-buat lebih baik, meski-pun yah sering-nya justru kita men-guna-kan-nya sebagai alat untuk ajang kuat-kuat-an, dan tindas me-nindas๐Ÿ˜

    @yonna
    Seperti-nya itu ide yang bagus juga Na, tapi kita semua juga tahu kalau itu sangat-lah sulit.

    @adit-nya niez
    Akal budi yang seharus-nya di-perguna-kan sebagai akal budi, bukan hanya sekedar akal-akal-an๐Ÿ˜

    @brainstorm
    Takut sih tidak bro, kenapa kita harus takut. Hanya saja, alangkah miris-nya kalau kita yang meng-harap-kan per-damai-an tapi kita sendiri yang me-rusak per-damai-an itu๐Ÿ˜‰

    @ebeSS
    Harapan adalah salah satu cara kita untuk bisa ber-tahan hidup, dan aku yakin kita semua memiliki itu, dengan cara dan pandangan yang ber-beda-beda tentu saja๐Ÿ˜‰

    @Iman Brotoseno
    Tidak ada yang tahu Mas๐Ÿ™„

    @Ina
    Aku sendiri sering bingung lho, aku melihat manusia atau binatang, Sama seperti ke-heran-an-ku ketika orang melihat-ku sebagai manusia atau binatang. Kita coba renung-kan yuk๐Ÿ˜›

    @Goop
    *nambahin lirik terakhir doang*
    Hingga Jiwa Pergi Dan Tak Bisa Kembali

    @bayu
    Gejala-nya emang udah ke-lihat-an sih๐Ÿ™„

    @cK
    Emang, ini film yang bagus, sama-sama terima kasih๐Ÿ˜›

  24. Selama manusia masih ada yang ingat Tuhan nya, semoga hal itu tidak benar2 akan terjadi pada kita… amiiin
    So, dah pada sembahyang belooooonn? .๐Ÿ˜€

  25. @stressmetal
    Semoga kita semua masih ingat kalau ada DIA yang men-cipta-kan dan meng-atur ke-hidup-an di bumi yaks bro๐Ÿ˜‰

  26. amiiin๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: