Kesan-ku Pada Salah Satu Episode Nanny 911

 thumb_nanny911 [PS: Aku tidak ber-maksud untuk ber-psikologi ria karena aku bukan ahli-nya , hanya pengen sharing aja, karena menurut aku ini mungkin ber-guna buat kita]

Ada yang pada pernah nonton “Nanny 911” ? Acara reality show yang di-tayang-in sama salah satu stasiun televisi swasta?. Kebetulan kemarin hari Minggu, aku nonton acara-nya untuk per-tama sekali dan menurut-ku episode yang itu sangat menarik selain karena acara in emang di-tuju-in untuk problem solving keluarga, juga mem-bukti-kan kalau ter-nyata anak kecil sekali-sekali di-biasa-in buat menyelesai-kan masalah-nya sendiri, tanpa turut campur orang tua. Nah lho?

Cerita-nya begini nih, ada satu keluarga dengan 4 anak (umur 12, 6, 5 dan 4 tahun) yang bandel gak alang kepalang, apalagi kalau udah ber-hadap-an sama sang Ibu, mereka tidak segan-segan me-maki, meng-ancam dengan pisau, me-ludah-i, bahkan ketika Ibu-nya menegur si anak untuk tidak meng-gigit-nya ketika dia ingin meng-hukum anak-nya, si anak malah teriak: “I Will If I Have To“, bener-bener deh. 👿 . Aku aja ampe gereget-an ngelihat tingkah anak-anak itu, nggak bisa nge-bayang-in kalau aku bakal meng-hadapi yang seperti itu suatu saat nanti 🙄

Orang-tua-nya udah putus asa, dan akhir-nya meminta bantuan ke Nanny 911 buat ngirim pengasuh (Nanny) yang pengalaman-nya udah se-abrek-abrek buat ngatasin masalah mereka. Setelah meng-observasi dan men-coba men-cari akar masalah-nya, akhir-nya sang Nanny ber-kesimpul-an kalau:

  • Sang Ayah ter-lalu di-takuti secara fisik bukan karena di-hargai tapi karena mereka takut di-hukum, karena dia sering sekali meng-ancam anak-anak-nya dengan tali pinggang meskipun dia memang tidak pernah sama sekali memukul mereka kecuali meng-hukum mereka dengan men-strap beberapa jam.
  • Sang Ibu tidak pernah di-hargai oleh anak-anak-nya karena si Ibu ter-lalu me-maksa-kan untuk meng-hukum anak-nya padahal di saat-saat ter-tentu anak-anak juga butuh waktu untuk menyelesai-kan masalah-nya sendiri. Selain itu juga karena tiap kali sang Ayah melihat si Ibu sedang berusaha untuk menegur anak-anak-nya, dia turut campur, yang secara otomatis karena ke-takut-an mereka, anak-anak ber-ubah men-jadi baik.
  • Tentu saja anak-anak yang tidak memiliki panutan untuk meng-harga-i, dan di-hargai, selain yang pasti nama-nya juga anak kecil masih belum tahu akan baik atau buruk perbuatan-nya, meskipun ini tidak bisa di-jadi-kan alasan untuk selalu mem-benar-kan ke-salah-an mereka kan? 🙂

Nah solusi-nya, menurut sang Nanny dan tentu saja yang bisa aku tangkap adalah ada-nya kerjasama yang baik di antara orang tua untuk meng-ajar-kan anak-anak-nya tentang arti ber-buat baik dan konsekuensi ber-buat salah. Jadi tidak ada yang dominan, karena porsi-nya seharus-nya sama. Bahkan juga orangtua sebaik-nya sekali-sekali mem-beri-kan ke-bebas-an kepada anak-anak-nya untuk bisa menyelesai-kan masalah mereka sendiri, bahkan kalau bisa mem-biar-kan mereka untuk tenang dulu setelah ada-nya konflik atau masalah, dengan begitu mereka bisa belajar untuk ber-tanggung jawab akan apa yang telah mereka lakukan, bukan hanya dengan satu kesalahan dua kali teguran, yang malah akan mem-buat si anak semakin men-jadi-jadi. Dan seperti-nya solusi ini ber-hasi, memang tidak akan mudah, tapi se-tidak-nya mem-bawa angin per-ubah-an dalam keluarga itu, untuk bisa saling meng-hargai, antara anak dengan orang tua. Keren kan? 😉

Jujur, aku ber-untung bisa menonton acara ini, karena ini bisa men-jadi bahan pem-belajar-an buat-ku ke-depan nanti (mudah-mudah-an 😛 ). Bagaimana dengan anda? 8)

45 Tanggapan

  1. nonton nanny 911 juga? kalo yang saya setujui, orangtua memang harus kompak
    *curiga*
    sudah siap-siap punya anak mus?

    *ditendang sampe ke aceh*

  2. ehehe… saya pun nonton kemaren, dan yang saya suka adalah : bagaimana nanny mempelajari masalahnya terlebih dahulu, baru kemudian memberikan solusi dan jalan keluar, tapi hanya sebatas saran-saran saja dan membiarkan orang tua tetap mengambil perannya 😛

  3. itu ditayangin dimana dan jam berapa ya? saya gak pernah nonton.. 😥

  4. ga bagus kebanyakan nonton tipi… 8)

  5. Wah, saya belon nonton. Mang kapan dan dimana tuh bro?

  6. siaran ulang ya…???

    soalnya dulu inget pernah nonton episode ini…fyi, itu episode nanny 911 yang pertama dan terakhir kali saya tonton…

    ana-anak juga punya hak untuk bersuara kan…???

  7. acara favorit saya,keluarga muda sih yang masih banyak ego hehe…buat pelajaran bagus itu acara..suami dan istri harus kompak dalam mendidik anak dan kelangsungan suatu keluarga

  8. ditayangin di Metro TV setiap Sabtu-Minggu jam 4 sore WIB

    ya saya juga banyak belajar dari situ, saya salut banget ama kesabaran Nanny yang bertugas, kayanya gak ada masalah yang ga selesai. sampe mikir apa iya tuh perlu seminggu doang untuk membereskan masalah yang luar biasa pelik???

  9. Waahh.. acara ini sih acara favorit sayah, bagus buat bahan pembelajaran mumpung anak saya belum lahir 😛

  10. halo… Nanny 911 yah… 😀 acara favoritku tuh.. asik aja ngliatin para nanny pasang strategi yg berbeda2 juga buat tiap keluarga… tapi ada satu persamaan di setiap strategi yg dipake… orang tua harus kompak dan keluarga adalah sebuah TIM!

    btw, ‘lam kenal ajah… 🙂

  11. Well acara ini bagus banget aku suka banget, dan aku juga liat episode ini kok,tapi benarkah anak kecil yang di acara ini seliar, seheboh, senakal itu? Soalnya aku nih punya adik kecil seusia mereka, nakal2nya mereka nggak senakal yang ada di nany 911.
    * mencium bau-bau rekayasa* 🙂

  12. Yach baru liat satu episode… Uda liat berkali-kali coy… Suer bagus tenan… Gw aja ampe greget pas liat anak yang ampun nuakal pol…

  13. @itikkecil
    *timpuk Ira pake se-lebar-an “Di-larang Suudzon”* 😈

    @goop
    Nah itu dia tuh bro yang bikin aku salut, ter-nyata yah konflik dalam rumah tangga seperti itu bisa di-selesai-kan dengan kerjasama yang baik dalam keluarga 🙂

    @cK
    Kemarin kalau nggak salah di MetroTV, sekitar jam 4 sore. Panteng-in deh Chik, di-jamin demen 😉

    @edy
    Halah, gilir-an acara motor ber-motor, emang Caplang yang paling demen nunggu-in depan TV 👿
    *ngaduin Edy ke komunitas media indonesia* 😛

    @danalingga
    Tuh udah aku jawab ke Chika bro. Nonton yaks 😉

    @plain love
    Nggak tahu juga tuh kalau siaran ulang, yang penting kan menarik, apalagi mengandung nilai edukasi keluarga 🙂

    anak-anak juga punya hak untuk bersuara kan…???

    Yupe, setuju…

    @hugy78
    Akur, meskipun aku belon ngalamin sih, tapi bisa di-jadi-in bekal entar 😛

    @yonna
    Kaya-nya nggak mungkin sih cuma se-minggu doang Yon, paling nggak kan dasar solusi-nya udah tahu, tinggal implementasi-nya aja kan, dan itu pasti butuh proses sih 🙂

    @mrsyusuf
    Hehehe, setuju sih dengan yang itu 🙂

    @carra
    Salam Militis!!!, Thanks udah mampir.
    Yupe, bagian itu yang ter-penting, ke-kompak-an dalam keluarga

    @evelynpy
    Ada kok, aku bahkan pernah nge-lihat yang lebih parah dari situ…

    @alid abdul
    Iya nih, baru tahu juga kalau ada acara kaya gini-an 😦
    Tapi emang bagus kok, aku jadi langsung suka, pasti aku tunggu-in deh 🙂

  14. Mampir sejenak …

  15. “tak ada rotan, gagang sapu pun jadi!” 😈

    tak bisa nurut? hajar saja!

    *kata2 dari orang yang sangat jauh arahnya dari berkeluarga*

  16. Jarang nonton belakangan…
    Jadi agak ketinggalan jaman dalam hal begitu itu…
    😐

  17. Eh iya, sempat nontn beberapa kali.
    Acara itu bagus, yang mbikin ndak sekedar kejar tayang untuk cari duit tapi menyajikan sesuatu yang benar-benar bisa diserap oleh pemirsa 😀

  18. Acara yang bagus dan menarik. Gw perna nonton yang ceritanya sebuah rumah dihuni sepasang suami istri yang memiliki banyak anak asuh (beberapa dari mereka adalah penyandang cacat). Makanya dalam masa itu ortunya diberi kesempatan untuk berbulan madu, sementara anak2 mereka dijagain para nanny. TIGA nanny turun tangan karena mereka harus menangani BELASAN anak2 sampe ketiganya bener2 kewalahan dan kehabisan akal. Bayangpun kalo harus setiap hari menghadapi segitu banyak anak yang bandel bukan maen bikin geregetan. Eh mala si anak sulung yang kebetulan cacat, kemudian menyadarkan adek2nya kalo gak seharusnya mereka merepotkan para nanny ituh. Jadilah si adek2 nurut dan mau bekerja sama. Jadinya ketika orang tua mereka pulang ke rumah, kondisi sudah bisa ditangani dengan baik.

  19. Wah belon pernah nonton nih, seru juga kayakny.

  20. Uhuhuhu… Saya mala gak tega sama ortunya klo nonton itu. Mala rada kasiyan sama ortunya. Ahahaha…

  21. Kayaknya biyasa sajah….

    🙄

  22. aku malah baru tau kalo ada acara ginian Mus…

    😆

    ndak nyangka…ternyata kamu ini fansnya Mamamia ya…

    *salah pokus*

  23. Jadi…, kapan kawin ?? :mrgreen:

  24. Mampir… 😀 ada acara beginian? ta cari di you tube ah…

  25. pasti dikit lg mo nikah
    undangannya yakkk 😀

  26. Tidak nonton. Tetapi dengar ceritanya saya harus bilang bahwa ini sekolah buat yang mau nikah. Makanya kalau menikah sebaiknya satu agama, satu dan selalu menjadi satu keluarga dengan satu kepala keluarga. Dan jangan ada kekerasan. Karena kekerasan berbuah kekejaman. Keluarga idaman.. baku bae saja. Biar punya anak jadi anak bae.

  27. DUKUNG TIM THOMAS & UBER CUP INDONESIA!
    SEMOGA JADI JUARA!

  28. wah lom update lagi nih ..?? 🙂

  29. Wah ni alamat bakal dekat2 ke jenjang berikutnya..
    Salam,

  30. mau nntn dimana..???

    aku ga ada tipi…

    eh,blogmu mayan juga ya..???aku link ya..???

  31. wah ternyata dirimu tidur lebih lama dari pada diriku
    hehehehe

    ato dah pindah and gw yang nggak nyadar?

  32. hmmmm,,,,

    iah moga aja mba besok kalo punya anak kaya obet ajah,,,,

    lucu, baik hati, penurut dan tidak sombong,,,,

    hwkkkkk,,, 🙂

  33. waaww,,,ada film seperti ini ya??saiah baru tahu..heheh..coba nonton ahh..

  34. mumpung ramadhan

    KEPADA PARA BLOGGER YANG SEDANG BERPUASA ..SEKALIAN …..YANG MAMPIR KESINI..

    SAYA MINTA TOLONG DI BANTU,….

    COBA KE

    http://galeter.wordpress.com

  35. setiap nonton Nanny 911, yang ada di otak aku selalu….”hebat banget nih nanny!”

  36. hmmm,, ceritanya gak direkayasa kan?

  37. om Mus Mus idup?
    byah… ketinggalan daku iks ….

    *salaman dulu om*

    *comment oot*

  38. nanny 911 adalah kesukaan saya, sangat berkesan juga buat saya 🙂

  39. Menuju TKP nanny 911..! hemm,,,

  40. Ane coba nyimak deh

  41. belum pernah nonton ane gan 😀

    Motivasi

  42. he3 daripada hampir 2 tahun nggak ada yang komen
    setelah 4 tahun acara diatas dah nggak ada yaaa 😛

  43. Keunggulan di negara barat adalah kemandirian ditanamkan sedini mungkin terlihat pada acara Nanny 911, kunjungan juga dong ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

Tinggalkan komentar